Sabtu, 06 November 2010

Mengenal Burung Merpati Balap

Mungkin di saat kita masih kecil sering bermain burung merpati. Burung yang disebut juga dikenal dengan nama burung dara ini mempunyai berbagai macam jenis, antara lain merpati hias, merpati pos, merpati balap dan merpati pedaging.

Burung merpati balap merupakan jenis burung merpati yang diperuntukkan untuk kepentingan lomba balap menjelajah angkasa. Jenis burung merpati ini merupakan raja udara. Adapun berat tubuh dari jenis burung merpati balap yaitu sekitar 300 - 475 gram. Tulang sayapnya sangat kuat dan pada ujung tampak lentur.

Bulu burung merpati balap tertancap kuat, tidak mudah rontok dan tangkainya sangat kaku. Kepakan sayapnya sangat kuat. Ada beberapa macam warna bulu pada burung merpati balap ini, yaitu : bulu coklat kehitam-hitaman, hitam kecoklat-coklatan, coklat kemerah-merahan atau merah kecoklat-coklatan.

Warna bulunya mengkilap dan tampak licin seperti berminyak. Sedangkan kaki burung merpati balap ini agak pendek, namun tampak kokoh dan kekar.

Pada mulanya, burung merpati balap berasal dari jenis burung merpati biasa atau burung merpati lokal yang memiliki tugas sebagai merpati pos. Namun burung merpati balap yang dikembangbiakkan sekarang ini merupakan keturunan jenis merpati karang.

Dinamakan merpati karang karena habitan jenis burung merpati ini lebih menyukai hidup di batu-batu karang atau di pulau-pulau karang. Di lingkungan perkotaan atau perkampungan, jenis burung merpati ini lebih suka bertengger di atap-atap gedung atau rumah daripada di ranting pepohonan.

Postur tubuh burung merpati balap mengesankan bahwa burung merpati tersebut mampu menjadi penerbang handal. Hal ini tampak dari postur tubuh yang tidak terlalu bongsor, sayap kuat, dan kepakannya berakselerasi tinggi. Gaya terbangnya yang meliuk-liuk di udara sangat mempesona.

Ciri khas yang tidak tampak, yaitu burung merpati ini memiliki pundi-pundi udara yang agak besar sehingga mampu menyimpan cadangan oksigen yang banyak. Hal ini menyebabkan burung merpati ini mampu melakukan tugas terbang jauh dengan kecepatan tinggi dan tidak akan kekurangan oksigen.

Kondisi ini juga sangat membantu kerja paru-paru dan mampu mengontrol keadaan suhu tubuh saat terbang. Dalam perkembangannya, jenis burung merpati lokal atau merpati biasa yang juga sebagai merpati pos agak ditinggalkan. Penggemar merpati balap pun beralih ke burung merpati dari luar.

Di antaranya Carrier Pigeon dari Timur Tengah dan Modern Racing Hamer dari Belgia. Namun karena kedua jenis burung merpati ini memiliki kelemahan, yang satu hanya mampu terbang sejauh 200 kilometer dan yang satunya tidak memiliki gaya menukik yang bagus, maka para penangkar burung merpati balap berupaya mengembangbiakkan persilangan antara burung merpati impor dengan burung merpati lokal yang memiliki keunggulan-keunggulan lain.

Adapun keunggulan yang dimiliki burung merpati lokal, yaitu gaya terbang, kecepatan terbang, ketinggian terbang, lama waktu terbang, kemampuan landing dan menukik landas. Dan yang pasti burung merpati yang memiliki keunggulan-keunggulan tersebut sudah pernah menjuarai kegiatan lomba hingga lahirlah burung merpati balap kelas jawara.

Oleh karena itu, para penggemar burung merpati balap memang dituntut harus mampu mengembangkan sendiri melalui persilangan dan mampu merawat sejak dari penetasan hingga menjadi burung merpati siap tanding di arena lomba.

Jenis burung merpati balap yang baik tampak memiliki ciri-ciri khusus dibandingkan dengan jenis burung merpati lainnya. Adapun ciri-ciri fisik yang perlu anda ketahui jika anda ingin membeli burung merpati balap, yaitu :

1. Tubuh tampak sehat, kekar dan penampilannya gagah. Jika sedang berdiri, dadanya tampak membusung dan tatapan matanya tajam jernih. Jika dipegang, tubuhnya keras berotot.

2. Jarak antar bulu sayap rapat. Jika disibakkan akan menghasilkan kepakan dan ayunan yang sangat kuat sehingga kemampuan terbangnya lebih cepat. Bentuk ujung bulu sayap tidak lancip atau tumpul. Tulang sayapnya lurus, tebal dan kuat. Sayap selalu kering dan tebal.

3. Jika sayap direntangkan, burung merpati secara reflek menutup rentangan sayap tersebut dengan sangat cepat.

4. Posisi tubuh dengan ekor lurus sejajar, terutama ketika sedang berdiri. Ekor tidak membengkok ke samping, tidak berdiri ke atas dan tidak jatuh ke bawah.

5. Terdapat tonjolan kecil di atas dubur (selubung mylin). Tonjolan ini mampu mengeluarkan kelenjar minyak.

Anda dapat membeli burung merpati balap di pasar-pasar burung di kota terdekat anda. Jika anda ingin mendapatkan burung merpati balap yang berkualitas, sebaiknya anda membeli anakan burung merpati balap yang telah menjuarai berbagai perlombaan. Anakan ini dapat anda peroleh pada penggemar burung merpati balap yang sering menjadi peserta kejuaraan lomba.

Selain mendapatkan harga yang lebih murah, anda pun akan mendapatkan anakan burung merpati balap jagoan yang berkualitas. Selain itu juga anda dapat berkonsultasi cara memelihara dan melatih burung merpati balap agar menang di perlombaan. Tertarik? Silahkan mencoba! 


Source

2 komentar:

Lukisan Termurah mengatakan...

apakah ada obat alami yang bisa bikin burung bertambah cepat?

White Wings mengatakan...

cukup perawatan yg baik aja :)

Poskan Komentar